Kenapa maggot bsf saya pada kabur ?

Kenapa maggot bsf saya pada kabur? Pertanyaan yang sering saya dengar dari para pembudidaya maggot yang baru belajar. Tidak berbeda jauh seperti saya saat pertama kali memulai ternak maggot bsf, tetapi tenang saja.

Saya sudah merangkum penyebab maggot pada kabur dari biopond anda, salah satunya sudah saya bahas dalam artikel "cara budidaya maggot bsf media kering".


Pertama, kurangnya pakan

Maggot bisa menghabiskan 5 kali pakan dari ukuran tubuhnya dalam sehari, jika ada 1 kg maggot berarti harus ada 5kg limbah organik yang harus disiapkan (bukan ukuran pasti, bisa di kira)

Kurangnya pakan bisa menjadi penyebab utama magot kabur (migrasi mencari pakan), namun jika faktor pakan sudah terpenuhi maka cek faktor yang kedua

Kedua, media terlalu basah

Jika media dalam biopond terlalu basah maka maggot cenderung tidak betah (mungkin kedinginan 😆) dan mencoba mencari tempat kering dan bermigrasi alias kabur. Apakah media biopond milim anda basah? Jika iya coba keringkan, untuk caranya bisa baca artikel "membuat media kering maggot bsf"

Namun jika kering dan pakan tercukupi tetapi maggot masih kabur. Hemmmm sudah jelas, anda barus membaca faktor yang ketiga

Ketiga, sinar matahari yang di terima berlebih

Maggot tidak suka terkena panas matahari langsung, dan cenderung lebih suka tempat yang tidak terkana sinar. Pernah anda menaruh kresek dalam biopond? Pasti anda akan melihat banyak maggot yang bersembunyi di bawah kresek tersebut.

Untuk masalah ini, anda bisa coba memberikan tutup pada media dalam biopond (jika terkana sinar matahari) dengan daun pisang atau kandi (karung beras yang di belah menjadi 2)

Kempat, media terlalu banyak

Terlalu banyak bukan berati pakan yang berlimpah, namun media yang hanya menyediakan sedikit dinding batas biopond (basa jawa: muntung muntung).

Idelanya, jika tinggi biopond 20cm media harus menyisakan 10cm. Karena naluri Maggot suka bergerombol hingga pojokan bipond, karena banyaknya hingga bisa mencapai batas dan bisa kabur

Sudah terjawab bukan masalah "kenapa maggot bsf pada kabur?"

Untuk lebih jelasnya saya sudah sediakan videonya supaya lebih jelas.

Video

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya. Jika dirasa ada yang kurang, silahkan lengkapi di kolom komentar. Supaya bermanfaat bagi pembaca lainya.

Jangan lupa juga untuk share ke teman anda  lewat facebook, whatsapp.
Mas Ganteng peternak kampung dengan impian menjadi peternak besar dengankonsep terintegrasi

1 Komentar untuk "Kenapa maggot bsf saya pada kabur ?"

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^cc
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami... (k)
    di ajopk.com ^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel